PENILAIAN
KINERJA KEPALA SEKOLAH
1. KEPRIBADIAN DAN SOSIAL
1. Berakhlak mulia,
mengembangkan buudaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan akhlak mulia bagi komunitas di sekolah.
1. Melaksanakan ibadah sesuai
dengan agama yang dianutnya :
Bukti Fisik :
a. Tersedia
tempat ibadah disekolah
b. Kegiatan ibadah di sekolah
c. Catatan hasil wawancara dengan warga
sekolah.
2. Sikap dan perilaku keteladanan bagi warga sekolah :
Bukti Fisik : a. Tata tertib sekolah
b. penampilan kepala
sekolah bersih dan rapi.
c. Kepala Sekolah melaksanakan 5 S
d. Jujur, disiplin
(hasil wawancara dengan warga sekolah).
3. Empati terhadap masalah yang dihadapi warga sekolah.
Bukti Fisik : a. Buku catatan
kasus dan solusinya
b. Buku pembinaan personal sekolah
c. Buku Catatan kunjungan/ foto pemberian
bantuan warga sekolah
d. Catatan hasil wawancara dengan warga
sekolah.
4. Kemampuan mengembangkan budaya senyum salam sapa sopan santun.
Bukti Fisik : a. Sikap 5 S sehari-hari
di sekolah
b. poster/gb. 5 S di sekolah (dipajang)
c. Catatan hasil wawancara dengan warga
sekolah (tentang sikap
5 S ).
5. Pengakuan dari warga sekolah terhadap keteladanannya.
Bukti Fisik : a. Catatan hasil
wawancara dengan warga sekolah
b. Piagam /penghargaan /prestasi kepala
sekolah
2. Melaksanakan tupoksi
sebagai kepala sekolah dengan kejujuran, ketulusan, komitmen dan integritas.
1. Mampu menerapkan kejujuran
dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.
Bukti Fisik : a. Transfaran dan akuntabel dalam pengelolaaan keuangan
dan dalam pelayanan sekolah (SPJ
dan Papan Penggunaan BOS.)
b. Buku Daftar Hadir (jam datang dan
jam pulang).
c. Catatan hasil wawancara dengan warga
sekolah.
2. Mampu menerapkan ketulusan dalam melaksananan tugas pokok dan
Fungsinya.
Bukti Fisik : a. Bekerja tidak
pernah mengeluh, tanpa pamrih dan tepat waktu
b.
Catatan hasil wawancara dengan warga sekolah.
3. Mampu menerapkan komitmen yang tinggi dalam melaksanakan tugas pokok
Dan fungsinya.
Bukti Fisik : a. Program keterlaksanaan Kegiatan Sekolah mencapai
100%
4 .Mampu menerapkan
integritas yang tinggi dala melaksanakan tugas pokok dan
Fungsinya.
Bukti
Fisik : a. Buku Catatan kasus dan
solusinya
3. Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai
kepala
Sekolah.
1. Terbuka menerima pendapat,
kritik dan saran dari pihak lain
Bukti Fisik : a. Kotak saran
b. Buku Catatan saran dan tindak lanjutnya.
c. Catatan hasil wawancara dengan warga
sekolah.
2. Meibatkan seluruh pemangku kepentingan dalam penyusunan program sekolah.
Bukti Fisik : a. Buku Notulen
Rapat
b. Daftar Hadir Rapat
c. Surat undangan rapat
d. Berita acara hasil rapat.
3. Terbuka dalam pengelolaan keuangan sekolah.
Bukti Fisik : a. Memiliki media informasi (papan BOS,Website) tentang pengelolaan
keuangan .
b. Buku SPJ keuangan sekolah.
c. Catatan hasil wawancara dengan warga
sekolah.
4. Terbuka dalam membangun system informasi manajemen sekolah.
Bukti Fisik : a. Memiliki Internet,Website yang bisa
diakses
Seluruh warga sekolah.
1.4.Mengendalikan diri dalam
menghadapi masalah dan tantangan sebagai kepala sekolah.
1. Mampu mengendalikan emosi
(sabar, tenang, bijaksana dan berjiwa besar).
Bukti fisik : a. Catatan hasi wawancara
dengan warga sekolahh.
2. Memiliki kemampuan
menghadapi masalah.
Bukti Fisik : a. Buku Catatan Masalah/kasus dan penyelesaiannya.
b. Catatan hasil wawancara dengan
warga sekolah.
3. Mampu
memecahkan masalah.
Bukti Fisik : Wawancara dengan
warga sekolah
4
Mampu mengelola tantangan baru.
Bukti Fisik : Program Inovasi sekolah.
1.5.Berpartisipasi dalam
kegiatan soscial kemasyarakatan.
1. Berpartisipasi aktif dalam
pelaksanaan program pemerintah di bidang sosial.
Bukti Fisik : a. ada dokumen, surat keterangan, poto kegiatan (donor
darah, sumbangan bencana alam, sumbangan lainnya).
2. Berperan aktif dalam
kegiatan social kemasyarakatan di lingkungan sekolah.
Bukti Fisik : a. Progran kegiatan social di lingkungan sekolah.
b. Poto kegiatan kerja bakti, gotong
royong, kebersihan
sekolah.
3. Berperan aktif dalam
kegiatan social kemasyarakatan di lingkungan tempat tinggal.
Bukti Fisik : a. Menjadi Pengurus RT, RW dan lainnya.
B, Poto kegiatan social di lingkungan
RT, RW dan lainnya.
4. Berperan aktif dalam
kegiatan social kemasyarakatan berkaitan dengan pelestarian lingkungan hidup.
Bukti Fisik : a. Poto kegiatan pelestarian lingkungan hidup.
b. Buku Catatan kegiatan pelestarian
lingkungan hidup.
1.6 . Tanggap dan Peduli terhadap kepentingan orang
lain atau kelompok lain.
1. Mampu bersifat simpatik /tenggang rasa terhadap orang lain.
Bukti Fisik : a. Catatan hasil wawancara dengan warga
sekolah.
2. Mampu bersifat
empatik/sambung rasa terhadap orang lain.
Bukti Fisik : a.catatan hasil wawancara
3. Peduli terhadap kepentingan
orang lain.
Bukti Fisi : a. Catatan
hasil wawancara dengan warga sekolah.
4
Mampu bersifat obyektif dalam mengatasi konflik internal
sekolah
Bukti Fisik : a. Buku catatan penyelesaian konflik internal sekolah.
1.7 Mengembangkan dan
mengelola hubungan sekolah dengan pihak lain diluar sekolah dalam rangka
mendapatkan dukungan ide, sumber belajar dan pembiayaan sekolah.
1.Mampu merencanakan
kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat.
Bukti Fisik : a. Buku Rencana
Program kerjasama dengan lembaga
Pemerintah, swasta dan
masyarakat.
2. Mampu melakukan pendekatan
dalam rangka memperoleh dukungan dari lembaga pemerintah, swasta, dudi dan
masyarakat.
Bukti Fisik : a. Dokumen/surat
kerja sama dengan npiak luar sekolah
b.Poto kegiatan
3. Mampu memelihara hubungan
kerjasama dengan lembaga swasta,
Pemerintah dan masyarakat.
Bukti Fisik : a. Poto kegiatan pertemuan dengan lembaga di
luar se
Kolah.
b. proposal kegiatan kerjasama lanjutan
sekolah.
4
Mampu memanfaatkan dukungan masyarakat untuk meningkatkan SDM
kependidikan yang professional, manajemen yang efektif, dan lingkungan
pendidikan yang kondusif.
Bukti Fisik : a. Catatan bantuan
masyarakat ke sekolah
b. poto kegiatan bantuan dari
masyarakat.
2. Kompetensi
Kepemimpinan Pembelajaran
Jumlah butir : 7
2.1. Bertindak
sesuai dengan visi dan misi sekolah.
No
|
Indikator
|
Bukti
Fisik
|
Subtansi Materi
|
2.1.
|
1.
Mampu menyusun program sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah
2.
Mampu menerapkan program
sekolah sesuai dengan visi dan misi
sekolah.
3.
Mampu mengambil keputusan dan berani menghadapi tantangan/resiko untuk
tercapainya visi dan misi sekolah
4.
Mampu mengevaluasi program sekolah sesuai dengan
visi dan misi sekolah
|
Program kepala
sekolah di susun dengan melibatkan unsur Komite sekolah, guru,
dan tenaga kependidikan:
·
RKS/RKT
·
Undangan rapat Penyusunan Program
·
Daftar hadir rapat
·
Berita Acara
·
Notula Rapat
·
SK Tim Pengembang sekolah
·
Catatan
Evaluasi Program (prosentase)
·
EDS
|
1.
program sekolah (RKS/RKT) sesuai
dengan visi dan misi sekolah.
2.
Laporan pelaksanaan kegiatan program
sekolah sesuai dengan visi dan misi
sekolah
3.
Notula Rapat (dgn Komite Sekolah, Ortu Siswa, Guru) pengambilan keputusan dan bukti berani menghadapi tantangan/resiko untuk
tercapainya visi dan misi sekolah
4.
Evaluasi Keterlaksanaan
program sesuai dengan visi dan misi sekolah
|
2.2.
Merumuskan tujuan yang menantang diri
sendiri dan orang lain untuk mencapai standar yang tinggi
No
|
Indikator
|
Bukti
Fisik
|
Subtansi Materi
|
2.2.
|
Mampu
merumuskan tujuan sekolah; yang sesuai
prinsip SMART
1.
Specific (tujuan yang fokus
pada pencapaian standar)
2.
Measurable (dapat diukur)
3.
Achievable (dapat dicapai)
4.
Realistic (berbasis kondisi
nyata)
5.
Time bound (target waktu yang
jelas)
|
a.
Program sekolah(RKT) terdapat rumusan tujuan yang akan di capai
b.
Daftar Hadir penyusunan
c.
Berita Acara
penyusunan tujuan
d.
Notula Rapat
e.
Alokasi
waktu Program Kerja Sekola
|
Memiliki
tujuan sekolah, yang meliputi:
a.
Rumusan tujuan
sesuai dengan kondisi nyata sekolah.
b.
disusun bersama warga sekolah
c.
Pentahapan dan
jadwal jelas
|
2.3.
Mengembangkan
sekolah/madrasah menuju organisasi pembelajar (learning organization).
No
|
Indikator
|
Bukti
Fisik
|
Subtansi Materi
|
|
1.
Mampu
merencanakan program pengembangan SDM
2.
Mampu
melaksanakan program pengembangan SDM melalui berbagai cara :
a)
pelatihan
b)
seminar
c)
MGMP/MGP/KKG
d)
MKKS/KKKS/MKTAS
e) studi
lanjut
3.
Mampu
melaksanakan Penelitian Tindakan Sekolah/Penelitian Tindakan Kelas
4.
Mampu
menciptakan suasana sekolah yang
mendorong semua warga sekolah untuk terus menerus belajar
|
a.
Proposal Program pengembangan SDM
b.
Laporan Pelaksanaan pelatihan/ seminar/KKG/ studi lanjut)
·
Undangan
·
Surat Tugas
·
Daftar Hadir
·
Sertifikat
·
Resume Kegiatan
c.
PTS kep sek dan PTK Guru
d.
Dokumen Prestasi Guru,Tenaga Kependidikan, dan siswa
·
Pemberian Reward dan punishment
·
Program kegiatan GLS
|
Menciptakan suasana sekolah yang mendorong semua warga
sekolah untuk terus menerus belajar:
·
Sarana prasarana yang memadai
·
Lingkungan sekolah nyaman, aman dan kondusif.
·
Gerakan Literasi Sekolah
|
2.4.
Menciptakan
budaya dan iklim sekolah/madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran.
No
|
Indikator
|
Bukti
Fisik
|
Subtansi Materi
|
|
1.
Mampu membuat
program berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif
bagi pembelajaran
2.
Mampu
melaksanakan program berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif
dan inovatif bagi pembelajaran
3.
Mampu
mengevaluasi program berkaitan
dengan budaya dan iklim sekolah yang
kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
4.
Mampu
melaksanakan program tindak lanjut
berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi
pembelajaran
|
a. Program Pengembangan
Diri (Dokumen 1)
·
Program
Bakat Minat
·
Program
Ekstrakulikuler
b. Pelaksanaan:
·
Jadwal
Kegiatan
·
Daftar
Hadir Peserta
·
Agenda
Kegiatan
c. Evaluasi Program
Kegiatan (Prosentase ketercapaian)
d. Program Tindak
Lanjut:
|
1. program berkaitan
dengan budaya dan iklim sekolah yang
kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
2. laporan
pelaksanaan program berkaitan dengan
budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
3. evaluasi program berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan
inovatif bagi pembelajaran
4. program tindak
lanjut berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif
bagi pembelajaran
|
2.5.
Memegang teguh
tujuan sekolah dengan menjadi contoh dan
bertindak sebagai pemimpin pembelajaran.
.
No
|
Indikator
|
Bukti
Fisik
|
Subtansi Materi
|
|
1. Mampu menunjukkan konsistensi dalam memegang teguh tujuan sekolah
berkaitan dengan prestasi akademik dan non akademik siswa
(contoh: peningkatan KKM, pengembangan extrakurikuler)
2. Mampu menunjukkan konsistensi dalam memegang teguh tujuan sekolah berkaitan
dengan peningkatan kompetensi guru (contoh: workshop pendidikan karakter)
3. Mampu menunjukkan konsistensi dalam memegang teguh tujuan sekolah berkaitan
dengan peningkatan kompetensi tenaga kependidikan (contoh: bintek efektifitas
dan efisiensi kerja )
4. Mampu menjadi
contoh pemimpin pembelajaran (contoh: memodelkan pembelajaran PAIKEM,
beradaptasi dengan perubahan baru dalam pembelajaran misalnya pendidikan kewirausahaan )
|
a.
Buku Catatan Prestasi Siswa Akademik dan non akademik
Rekapitulasi KKM Kelas dan
Sekolah 2 tahun terakhir
b. Pelaksanaan
Workshop/ Bintek Pendidik dan tenaga kependidikan
(Undangan, Daftar Hadir, Notula Rapat, Resume kegiatan).
c. Buku Catatan Bimtek/Pelatihan, surat tugas, sertifikat.
·
Tindak Lanjut Hasil Supervisi
|
Ditunjukkan
dengan 4 bukti berikut, Kepala
sekolah.
1.
konsisten dalam memegang
teguh tujuan sekolah berkaitan
dengan prestasi akademik dan
non akademik siswa
2.
konsisten dalam memegang teguh tujuan sekolah berkaitan
dengan peningkatan kompetensi guru
3.
konsisten dalam memegang teguh tujuan sekolah berkaitan
dengan peningkatan kompetensi tenaga kependidikan
4.
menjadi contoh pemimpin pembelajaran Peer Teaching, Micro
Teaching, Lesson Studi
|
2.6.
Melaksanakan
kepemimpinan yang inspiratif.
No
|
Indikator
|
Bukti
Fisik
|
Subtansi Materi
|
|
1.
Mampu
menerapkan kepemimpinan yang dapat memotivasi warga sekolah dalam mencapai
tujuan sekolah (contoh: memberi apresiasi terhadap prestasi yang dicapai
warga sekolah)
2.
Mampu
menerapkan kepemimpinan yang kreatif (contoh: mendorong munculnya ide-ide
baru berkaitan hemat energi, pelestarian lingkungan)
3.
Mampu menerapkan
kepemimpinan yang inovatif (contoh: memfasilitasi implementasi ide-ide baru
berkaitan hemat energi, pelestarian lingkungan)
4.
Mampu menjadi
inspirasi warga sekolah berkaitan keteladanan penerapan nilai-nilai karakter
(contoh; jujur, disiplin)
|
a.
Foto pemberian pengahargaan Piagam/Piala
Prestasi Pendidik, Tenaga Kependidikan, dan siswa.
b. Program
Pelestariaan lingkungan
c. Kerja sama dengan pihak ketiga Bidang lingkungan
·
Tempat sampah yang sudah terpilah, setiap kelas dan TPA
·
Slogan-slogan hemat energi, pelestarian lingkungan
·
Pengolahan sampah secara mandiri
·
Hasil karya dari limbah
d.
Absen datang dan pulang
·
PP N0.53 Tahun 2010
|
Hasil Wawancara
Adanya keteladanan dari Kep Sek (berpakaian, hadir
tepat waktu)
|
2.7.
Membangun rasa
saling percaya dan memfasilitasi
kerjasama dalam rangka untuk menciptakan kolaborasi yang kuat diantara warga
sekolah/madrasah.
No
|
Indikator
|
Bukti
Fisik
|
Subtansi Materi
|
|
1.
Mampu
berkomunikasi dengan baik dan
bertindak secara efektif untuk membangun lingkungan kerja yang baik.
2.
Mampu
berkomunikasi dengan baik dan
bertindak secara efektif untuk membangun rasa saling percaya diantara warga sekolah.
3.
Mampu
berkomunikasi dengan baik dan
bertindak secara efektif untuk memfasilitasi kerja sama yang
baik
4.
Mampu
berkomunikasi dengan baik dan
bertindak secara efektif untuk menciptakan iklim kerja dan
kolaborasi yang kuat diantara warga sekolah.
|
·
Undangan Rapat dengan guru,
dengan orang tua siswa dan komite sekolah.
·
Daftar Hadir
·
Notula rapat
·
Berita acara
|
·
Rapat rutin
dengan:
Komite
sekolah, orang tua siswa, pendidik dan tenaga kependidikan
·
Catatan Notula
Rapat Kep Sekolah, intern
guru
·
Catatan
Notula Rapat Komite Sekolah, ortu siswa
|
2.8.
Bekerja keras
untuk mencapai keberhasilan sekolah/
madrasah sebagai organisasi pembelajar
yang efektif.
No
|
Indikator
|
Bukti
Fisik
|
Subtansi Materi
|
|
1.
Mampu
menunjukkan kesungguhan dalam membuat program yang melibatkan semua warga
sekolah berkaitan dengan sekolah
sebagai organisasi pembelajar (contoh : pengembangan keprofesionalan
berkelanjutan guru dan tenaga kependidikan , program remedial teaching)
2.
Mampu
menunjukkan kesungguhan dalam melaksanakan program yang melibatkan semua
warga sekolah berkaitan dengan sekolah
sebagai organisasi pembelajar
3.
Mampu
menunjukkan kesungguhan dalam mengevaluasi program yang melibatkan semua
warga sekolah berkaitan dengan sekolah
sebagai organisasi pembelajar
4.
Mampu
menunjukkan kesungguhan dalam membuat
program tindak lanjut yang melibatkan semua warga sekolah berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi
pembelajar
|
a.
Program Penilaian Kinerja Berkelanjutan
Pembagian tugas mengajar dan tambahan
b.
Pelaksanaan Program
c.
Evaluas Program (Hasil PKB)
d.
Tindak lanjut (PKB)
|
|
2.9.
Mengembangan
kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan visi, misi, dan tujuan
sekolah
No
|
Indikator
|
Bukti
Fisik
|
Subtansi Materi
|
|
1.
Mampu menyusun
program kurikulum dokumen1 (memuat mata pelajaran, muatan lokal, pengembangan
diri, pengaturan beban belajar, ketuntasan belajar, kenaikan kelas,
kelulusan, pendidikan kecakapan hidup, pendidikan berbasis keunggulan lokal
dan global), dokumen 2 ( silabus dan RPP) yang melibatkan stakeholder sekolah sesuai dengan visi, misi dan
tujuan sekolah.
2.
Mampu
melaksanakan program kurikulum dokumen 1 dan dokumen 2 KTSP.
3.
Mampu melakukan
evaluasi program kurikulum dokumen 1 dan dokumen 2 KTSP.
4.
Mampu melakukan
program tindak lanjut untuk pengembangan kurikulum dokumen 1 dan dokumen
2 KTSP
|
a.
Dokumen 1
Kurikulum
·
Dokumen 2 Silabus dan RPP
·
Dokumen Revieu, Revisi Kurikulum
·
KTSP Final
b.
Jadwal Pelajaran, Silabus, dan RPP.
c.
Instrumen Pelaksanaan Supervisi, Monitoring (Pembelajaran,
Pengembangan diri, Pembiasaan diri)
|
1. Adanya undangan
rapat,daftar hadir, notulen rapat, berita acara dan dokumen KTSP yang sudah
disyahkan oleh yang berwewenang
2. Adanya dokumen
administrasi pembelajaran guru
3. Adanya dokumen
hasil supervise guru oleh kepala sekolah.
4. Adanya Rencana
tindak lanjut hasil supervise kepala sekolah
|
2.10.
Mengelola peserta didik dalam rangka
pengembangan kapasitasnya secara optimal.
.
No
|
Indikator
|
Bukti
Fisik
|
Subtansi Materi
|
|
1.
Mampu membuat
program sekolah yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non
akademik dalam rangka pengembangan potensinya secara optimal (contoh :
program pengenalan bakat minat, tes IQ, program OSIS, program extrakurikuler)
2.
Mampu
melaksanakan program sekolah yang berkaitan dengan peserta didik baik
akademik maupun non akademik.
3.
Mampu melakukan
evaluasi program sekolah yang
berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik
4.
Mampu
membuat program pengembangan tindak lanjut yang berkaitan dengan peserta didik baik
akademik maupun non akademik.
|
a.
Proposal Penerimaan siswa baru;
Program Masa Pengenalan
Lingkungan sekolah;
Program Bakat minat;
Program Ekstrakulikuler;
b.
Administrasi Kemuridan (buku
induk siswa; klaper; buku mutasi, daftar kelas)
c.
Tanda Terima Ijazah, SKHUN,
arsip ijazah, arsip SKHUN.
d.
Data siswa yang melanjutkan dan
data kenaikan kelas (jumlah Prosentase)
|
Memiliki data penerimaan siswa baru
yang akurat: daya tamping
a.
jumlah pendaftar
b.
jumlah siswa yang lulus
seleksi
c.
jumlah siswa yang lapor diri
d.
nilai ujian nasional
(rata-rata, tertinggi, terendah)
e.
jumlah mutasi keluar dan
masuk
Memiliki data siswa yang lengkap dan
akurat ditandai:
a.
|
KOMPONEN 3 :
PENGEMBANGAN SEKOLAH.
NO
|
KRITERIA
|
INDIKATOR
|
BUKTI FISIK
|
1
|
Menyusun rencana pengembangan sekolah/madrasah jangka panjang,
menengah, dan pendek dalam rangka mencapai
visi, misi, dan tujuan
sekolah/madrasah.
|
1. Mampu melibatkan semua unsur di sekolah dalam menyusun Rencana
Pengembangan Sekolah (RPS)/ Rencana Kerja Sekolah(RKS), dalam rangka mencapai
visi,misi dan tujuan sekolah (contoh: membentuk Tim Pengembang Sekolah
(TPS)).
2.
Mampu mengidentifikasi
kekuatan dan kelemahan sebagai bahan penyusunan rencana pengembangan sekolah.
3. Mampu mengidentifikasi peluang dan tantangan sebagai bahan untuk
mendiagnosis jenis kebutuhan yang diperlukan dalam perbaikan mutu
sekolah.
4. Mampu memimpin penyusunan rencana pengembangan sekolah dan membekali
semua unsur di sekolah dalam pembuatan rencana pengembangan sekolah (contoh:
pelatihan TPS dan pembuatan EDS).
|
1.1. SK.Kepala
Sekolah tentang Tim Pengembang Sekolah
1.2. Program
kerja TPS
1.3. Rencana Pengembangan sekolah(Jangka Panjang dan menengah)
1.4. Rencana
Kerja Sekolah (RKS)/Jangka pendek
1.5. Rencana
Anggaran Kerja Sekolah (RKAS)
1.6. Surat
Undangan Rapat
1.7. Notulen
Rapat
RKS
RKAS
1.8. Daftar
hadir Whorkshop TPS
1.9. Poto
Kegiatan Workshop
Lebih dari 5 poin dapat nilai
A
2.1.
Strategic Planning dan Analisis SWOT
tentang RPS
3.1
Program Analisis SWOT tentang RPS
4.1. Undangan
rapat
4.2. Daftar
hadir
4.3. Notulen
rapat penyusunan EDS
4.4. EDS
|
2
|
Mengembangkan struktur
organisasi sekolah/madrasah
yang efektif dan efisien sesuai
dengan kebutuhan.
|
1. Mampu menyusun struktur organisasi yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan pengembangan
sekolah.
2. Mampu menyusun deskripsi tugas
setiap komponen dalam struktur organisasi.
3. Mampu membuat pendelegasian tugas untuk memonitor pelaksanaan tugas
setiap komponen dalam struktur organisasi.
4. Mampu mengevaluasi struktur organisasi sesuai dengan kebutuhan
pengembangan sekolah.
|
1.1. Struktur
organisasi sekolah
2.1. Uraian tugas dari struktur
organisasi
3.1. SK Kepala sekolah
tentang penugasan guru dan tenaga kependidikan
4.1.Hasil evaluasi kinerja sesuai SK Penugasan
|
3
|
Melaksanakan pengembangan sekolah/madrasah sesuai dengan rencana jangka panjang, menengah, dan jangka pendek sekolah menuju tercapainya visi, misi, dan
tujuan sekolah.
|
1. Mampu menyusun Program Rencana Kerja Sekolah (RKS/RPS) yang
terdiri dari Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM), Rencana Kerja Tahunan
(RKT), Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) dalam rangka mencapai visi,
misi dan tujuan sekolah.
2. Mampu melaksanaan program Rencana Kerja Sekolah (RKS) .
3. Mampu mengevaluasi program Rencana Kerja Sekolah (RKS) .
4. Mampu melaksanakan program tindak
lanjut Rencana Kerja Sekolah (RKS).
|
1.1. Dokumen
RKS(RKJM) , RKT dan RKAS
2.1. Dokumen hasil
pelaksanaan RKS
3.1. Dokumen hasil
RKS (prosentase hasil)
4.1. Program Tindak Lanjut
RKS
|
4
|
Mewujudkan peningkatan kinerja sekolah yang signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah dan standar nasional pendidikan.
|
1. Mampu meningkatkan kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi,
misi, tujuan sekolah yang berkaitan dengan bidang manajeria (contoh:
peningkatan kinerja sekolah secara efektif dan efisien dibidang sarana
prasarana, pengelolaan, pendidik dan tenaga kependidikan serta pembiayaan).
2. Mampu meningkatkan kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi,
misi, tujuan sekolah yang berkaitan dengan bidang akademik (contoh: peningkatan kinerja sekolah secara efektif dan efisien dibidang standar
isi, SKL, standar proses, standar penilaian).
3. Mampu membuat inovasi dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah secara
signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah yang berkaitan dengan
bidang manajerial.
4. Mampu membuat inovasi dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah secara
signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah yang berkaitan dengan
bidang akademik.
|
1.1. Dokumen
hasil peningkatan prestasi Akademik dan Non Akademik
(Prestasi
pertahun)
2.1
Dokumen hasil prestasi Guru,Siswa
3.1
Program sekolah yang menunjukan pengembangan inovasi bidang manajerial
(Prgram,
Pelaksanaan, Evaluasi dan tindak lanjut)
4.1 Program
sekolah yang menunjukan pengembangan inovasi bidang akademik
4.2 Adanya
hasil karya inovatif (media pembelajaran,alat peraga)
|
5
|
Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan
sekolah/madrasah dengan prosedur yang
tepat.
|
1. Mampu melakukan monitoring pelaksanaan program kegiatan sekolah secara
terprogram (contoh: ada program monitoring
yang memuat latar belakang, tujuan, prosedur, jadwal, penanggung
jawab).
2. Mampu melakukan evaluasi pelaksanaan program kegiatan sekolah secara
terprogram (contoh: ada program evaluasi
yang memuat latar belakang, tujuan, prosedur, jadwal, penanggung
jawab).
3. Mampu membuat pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah.
4. Mampu membuat sistem monitoring,
evaluasi dan pelaporan dengan prosedur yang tepat (contoh: menggunakan Paket
Administrasi Sekolah )
|
1.1. Program
monitoring,evaluasi,pelaporan
2.1. Dokumen pelaksanaan
evaluasi Program
3.1. Dokumen pelaporan
pelaksanaan
4.1. Dokumen
hasil monitoring,evaluasi dan pelaporan
|
6
|
Merencanakan dan menindaklanjuti hasiil monitoring,
evaluasi, dan pelaporan.
|
1. Mampu membuat program tindak
lanjut monitoring,evaluasi dan pelaporan (contoh: program tindak lanjut
sesuai dengan hasil monitoring, evaluasi, pelaporan).
2. Mampu melaksanakan program tindak
lanjut monitoring, evaluasi dan pelaporan.
3. Mampu mengevaluasi pelaksanaan
program tindak lanjut monitoring, evaluasi dan pelaporan.
4. Mampu membuat sistem
pelaksanaan program tindak
lanjut monitoring, evaluasi dan pelaporan (contoh: siklus penerapan paket administrasi
sekolah).
|
1.1. Dokumen Program tindak lanjut
2.1. Dokumen pelaksanaan tindak
lanjut
3.1. Dokumen evaluasi
pelaksanaan tindak lanjut
4.1. Dokumen sistem program
tindak lanjut monev
|
7
|
Melaksanakan penelitian tindakan sekolah dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah/madrasah.
|
1. Mampu membuat program penelitian tindakan sekolah/kelas dalam rangka
meningkatkan kinerja sekolah (contoh: program mendatangkan narasumber dalam
membimbing workshop pembuatan PTS maupun PTK untuk kepala sekolah dan guru, mempunyai program
berkelanjutan PTS/PTK melalui MGMP/KKG sekolah).
2. Mampu melaksanakan penelitian
tindakan sekolah/kelas dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah.
3. Mampu membuat evaluasi program penelitian tindakan sekolah/kelas dalam
rangka meningkatkan kinerja sekolah.
4. Mampu membuat program tindak
lanjut penelitian tindakan sekolah/kelas dalam rangka meningkatkan kinerja
sekolah.
|
1.1. Program
Penyusunan PTS dan PTK
2.1. Dokumen hasil PTS /PTK
3.1. Dokumen evaluasi PTS/PTK
4.1. Program
tindak lanjut PTS/PTK
|
4. MANAJEMEN
SUMBERDAYA
Jumlah butir : 8
Mengelola dan mendayagunakan
pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal
|
No
|
Indikator
|
Bukti
Fisik
|
Subtansi Materi
|
4.1.
|
1. Mampu
membuat program pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga
kependidikan secara optimal (contoh: latar belakang pengelolaan dan
pendayagunaan, apa tujuannya, bagaimana mekanisme dan prosedurnya,
ciri-ciri programnya menjawab
5W+1H)
2. Mampu melaksanakan program pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan
tenaga kependidikan secara optimal).
3. Mampu membuat evaluasi
pelaksanaan program pengelolaan dan
pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal.
4. Mampu membuat program tindak lanjut pengelolaan dan pendayagunaan pendidik
dan tenaga kependidikan secara optimal.
|
|
|
|
|
A .program dan pendayagunaa pengelolaan dan pendayagunaan tendik
dan non
tendik
B. Pelaksanaan program pengelolaan dan
pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan
C Evaluasi pelaksanaan
program p engelolaan dan pendayagunaan
pendidik dan tenaga kependidikan.
D.
Program tindak lanjut
pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan Pelaksan
|
1. Pembuatan program/ proposal/ tabel matrik
a.
undangan
b.
Daftar hadir
c.
Notula
d.
Berita acara
e.
Poto kegiatan/ dokumentasi
Catatan prosentase keberhasian
Catatan program tindak lanjut
|
4.2 Mengelola dan
mendayagunakan sarana dan prasarana sekolah/madrasah secara optimal demi
kepentingan pembelajaran.
|
No
|
Indikator
|
Bukti
Fisik
|
Subtansi Materi
|
|
1.
Mampu membuat program
pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah secara optimal
untuk kepentingan pembelajaran (contoh: latar belakang pengelolaan dan
pendayagunaan, apa tujuannya, bagaimana mekanisme dan prosedurnya,
ciri-ciri programnya menjawab
5W+1H)
2. Mampu melaksanakan program pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan
prasarana sekolah secara optimal
untuk kepentingan pembelajaran.
3. Mampu
membuat evaluasi pelaksanaan program pengelolaan dan pendayagunaan
sarana dan prasarana sekolah secara optimal untuk kepentingan
pembelajaran.
4. Mampu membuat program tindak
lanjut pengelolaan dan pendayagunaan
sarana dan prasarana sekolah secara
optimal untuk kepentingan pembelajaran.
|
|
|
|
|
a. program pengelolaan dan pendayagunaan sarana
dan prasarana sekolah.
b. pelaksanaan
program pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah.
c. evaluasi
pelaksanaan program pengelolaan dan
pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah.
d. program
tindak lanjut pengelolaan dan
pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah.
|
. Program
f.
undangan
g.
Daftar hadir
h.
Notula
i.
Berita acara
j.
Poto kegiatan/ dokumentasi
Catatan prosentase keberhasian
Catatan program tindak lanjut
|
4.3
Mengelola
keuangan sekolah/madrasah sesuai prinsip efisiensi, transparansi dan
akuntabilitas.
No
|
Indikator
|
Bukti
Fisik
|
Subtansi Materi
|
|
1. Mampu membuat
program perencanaan pengelolaan
keuangan sekolah sesuai prinsip efisien , transparan, dan
akuntabel.(contoh: program mengacu
pada RKAS, ada skala prioritas, ada
media untuk publikasi, ada mekanisme
yang jelas dalam penggunaan).
2. Mampu melaksanakan program perencanaan pengelolaan keuangan sekolah
sesuai prinsip efisien, transparan, dan akuntabel. 3. Mampu membuat pelaporan pengelolaan
keuangan sekolah sesuai prinsip efisien, transparan, dan akuntabel. 4. Mampu membuat evaluasi
pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisien, transparan, dan
akuntabel.
|
|
a.
program perencanaan
pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisien, transparan, dan
akuntabel.
b.
pelaksanaan program
pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisien, transparan, dan
akuntabel.
c.
pelaporan pengelolaan
keuangan sekolah sesuai prinsip efisien, transparan, dan akuntabel.
evaluasi
pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisien, transparan, dan
akuntabel
|
a. EDS
b. RAKS
c. SPJ
d. Papan data
keuangan BOS
e. Buku Expedisi
|
4.4
Mengelola
lingkungan sekolah yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.
No
|
Indikator
|
Bukti
Fisik
|
Subtansi Materi
|
|
1. Mampu membuat
program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan
kesehatan (contoh program: ada latar belakang ,tujuan, ada jadwal, ada
lokasi, ada penanggung jawab, ada prosedur kerja, ada pembiayaannya).
2. Mampu melaksanakan program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan,
keselamatan dan kesehatan.
3. Mampu membuat
evaluasi pelaksanaan program
berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan
kesehatan. 4.
Mampu membuat program tindak lanjut
dari hasil evaluasi pelaksanaan program berwawasan lingkungan yang
menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.
|
|
|
|
|
a.
program berwawasan lingkungan yang
menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.
b.
pelaksanakan program berwawasan
lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.
c.
evaluasi pelaksanaan program
berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.
d.
program tindak lanjut dari hasil
evaluasi pelaksanaan program berwawasan lingkungan yang menjamin
keamanan, keselamatan dan kesehatan.
|
Program/ proposal
k.
undangan
l.
Daftar hadir
m.
Notula
n.
Berita acara
o.
Poto kegiatan/ dokumentasi
Catatan prosentase keberhasian
Catatan program tindak lanjut
|
4.5
Mengelola
ketatausahaan sekolah/madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan
sekolah/madrasah.
.
No
|
Indikator
|
Bukti
Fisik
|
Subtansi Materi
|
|
1.
Mampu membuat program kerja
ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah
(contoh program: ada latar belakang, ada tujuan, ada jadwal, ada penataan
tempat untuk pengarsipan, ada pembagian tugas, ada prosedur kerja, ada pembiayaannya).
2. Mampu melaksanakan program kerja ketatausahaan sekolah dalam mendukung
pencapaian tujuan sekolah.
3. Mampu membuat evaluasi pelaksanaan program kerja ketatausahaan sekolah
dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah. 4.
Mampu membuat program tindak lanjut dari hasil evaluasi pelaksanaan program kerja
ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah.
|
a. program
kerja ketatausahaan sekolah dalam
mendukung pencapaian tujuan sekolah.
b. pelaksanaan
program kerja ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan
sekolah.
c. evaluasi
pelaksanaan program kerja ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian
tujuan sekolah.
program tindak lanjut dari
hasil evaluasi pelaksanaan program
kerja ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah.
|
. Pembuatan program/ proposal/ tabel matrik
p.
undangan
q.
Daftar hadir
r.
Notula
s.
Berita acara
t.
Poto kegiatan/ dokumentasi
Catatan prosentase keberhasian
Catatan program tindak lanjut
|
4.6
Mengelola sistem
informasi sekolah/madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan
keputusan.
No
|
Indikator
|
Bukti
Fisik
|
Subtansi Materi
|
|
1.
Mampu membuat program sistem
informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan
keputusan( contoh program : ada latar belakang, ada tujuan, ada jadwal, ada
prosedur kerja, ada pembagian tugas , ada pembiayaan)
2. Mampu melaksanakan program sistem
informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan
keputusan.
3. Mampu membuat evaluasi pelaksanaan program sistem informasi
sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.
4. Mampu membuat program tindak lanjut dari hasil evaluasi
pelaksanaan program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan
program dan pengambilan keputusan.
|
|
|
|
|
a. program
sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan
keputusan.
b. pelaksanaan
program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan
pengambilan keputusan.
c. evaluasi
pelaksanaan program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan
program dan pengambilan keputusan.
d.
program tindak lanjut dari
hasil evaluasi pelaksanaan program sistem informasi sekolah dalam mendukung
penyusunan program dan pengambilan keputusan.
|
1.
Kotak Saran/ buku kotak saran
2.
Websit
3.
Email
4.
Facebook sekolah
5.
Agenda surat
6.
Spanduk
7.
Madding
8.
Bulletin
9.
Buku pengumuman
10. Parenting
11. Bukti
sosialisasi seluruh program
12. Notula
|
4.7
Membangun rasa
saling percaya dan memfasilitasi
kerjasama dalam rangka untuk menciptakan kolaborasi yang kuat diantara warga
sekolah/madrasah.
No
|
Indikator
|
Bukti
Fisik
|
Subtansi Materi
|
|
1.
Mampu membuat
program layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan
pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah (contoh program: ada
latar belakang, tujuan, jenis layanan misal koperasi sekolah, kantin
kejujuaran, kotak saran, ada prosedur operasional, ada penanggung jawab,
ada pembiayaan)
2. Mampu melaksanakan program layanan layanan khusus sekolah yang mendukung
kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah.
3. Mampu
membuat evaluasi program layanan layanan khusus sekolah
yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di
sekolah
4. Mampu membuat
program tindak lanjut dari hasil evaluasi
program layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan
pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah.
|
|
|
|
|
a. program
layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan
kegiatan peserta didik di sekolah.
b. pelaksanaan
program layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran
dan kegiatan peserta didik di sekolah.
c. evaluasi
program layanan -layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran
dan kegiatan peserta didik di sekolah.
d.
program tindak lanjut dari hasil
evaluasi program layananlayanan khusus
sekolah yang
|
. Pembuatan program/ proposal/ tabel matrik
u.
undangan
v.
Daftar hadir
w.
Notula
x.
Berita acara
y.
Poto kegiatan/ dokumentasi
Catatan prosentase keberhasian
Catatan program tindak lanjut
|
4.8
Memanfaatkaan
teknologi secara efektif dalam kegiatan pembelajaran dan manajemen
sekolah/madrasah
No
|
Indikator
|
Bukti
Fisik
|
Subtansi Materi
|
|
1.Mampu
mengoptimalkan pemanfaatan teknologi secara efektif dalam kegiatan
pembelajaran dan manajemen sekolah (contoh: ada inovasi alat peraga
pembelajaran, multimedia pembelajaran, memanfaatkan teknologi informasi
dalam manajemen sekolah).
2. Mampu memfasilitasi guru memanfaatkan
teknologi secara efektif
dalam kegiatan pembelajaran (contoh:pemanfaatan barang bekas menjadi
alat peraga pembelajaran, memfasilitasi penggunaan OHP,LCD dan
multimedia).
3. Mampu
memfasilitasi tenaga administrasi
sekolah memanfaatkan teknologi secara efektif dalam menyelesaikan pekerjaan administrasi sekolah (contoh: pemanfaatan
komputer dan internet dalam menyelesaikan pekerjaan administrasi
sekolah). 4.
Mampu memfasilitasi guru dan tenaga
administrasi sekolah dalam
kreatifitas, inovasi sehingga pembelajaran dan manajemen sekolah semakin
efektif sesuai dengan tuntutan perubahan.
|
|
|
|
|
a. optimalisasi
pemanfaatan teknologi secara efektif dalam pembelajaran dan manajemen
sekolah.
b. guru
memanfaatkan teknologi secara
efektif dalam kegiatan
pembelajaran.
c. tenaga
administrasi sekolah memanfaatkan
teknologi secara efektif dalam
menyelesaikan pekerjaan administrasi sekolah.
d. guru
dan tenaga administrasi sekolah kreatif, inovatif sehingga pembelajaran dan manajemen sekolah
semakin efektif sesuai dengan tuntutan perubahan.
|
. Pembuatan program/ proposal/ tabel matrik
z.
undangan
aa.
Daftar hadir
bb.
Notula
cc.
Berita acara
dd.
Poto kegiatan/ dokumentasi
Catatan prosentase keberhasian
Catatan program tindak lanjut
|
KOMPONEN 5 :
KEWIRAUSAHAAN
NO
|
KRITERIA
|
INDIKATOR
|
BUKTI FISIK
|
1
|
Menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah/
madrasah.
|
1. Mampu memfasilitasi kreatifitas dan inovasi yang bermanfaat bagi
pengembangan sekolah (contoh: memfasilitasi guru dalam pembelajaran PAIKEM,
memfasilitasi tenaga administrasi sekolah dalam memanfaatkan teknologi
informasi komunikasi).
2. Mampu menerapkan kreatifitas dan inovasi yang
bermanfaat bagi pengembangan sekolah.
3. Mampu membudayakan kreatifitas dan inovasi yang bermanfaat bagi
pengembangan sekolah.
4. Mampu mengembangkan budaya kreatif, inovatif yang bermanfaat bagi
pengembangan sekolah.
|
1. fasilitas untuk kreatif
dan inovatif yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah (contoh:
fasilitas perangkat lunak dan keras
dalam menunjang pembelajaran
PAIKEM, fasilitas komputer yang memadai
untuk menunjang tugas administrasi sekolah). 2.
penerapan kreatifitas dan inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah.
Contoh : lab. Kebun sekolah 3. budaya
kreatif dan inovatif yang
bermanfaat bagi pengembangan sekolah. Contoh budaya bersih, santun daya seni
(art) 4.
pengembangan berkelanjutan budaya
kreatif, inovatif yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah.
(Program sekolah contoh sekolah
sehat, sekolah adiwiyata, sekolah hijau)
|
2
|
Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas
pokok dan fungsinya sebagai pemimpin pembelajaran.
|
1. Mampu memberikan contoh
kedisiplinan dan kinerja guru
untuk mewujudkan visi dan misi sukses sekolah dalam melaksanakan tugas pokok
dan fungsinya sebagai pemimpin pembelajaran (contoh: model pembelajaran PAIKEM, ada kemauan yang kuat untuk mengembangkan diri, pelatihan kepemimpinan,
belajar dari kepala sekolah yang sukses).
2. Mampu aktif dalam forum pertemuan
ilmiah untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai
pemimpin pembelajaran (contoh: seminar pendidikan, karya tulis ilmiah).
3. Mampu aktif dalam forum
musyawarah/ kelompok kerja kepala sekolah, MGMP dan organisasi profesi lainnya.
4. Mampu memberikan keteladanan dan aktif
dalam pengembangan keprofesian
berkelanjutan (contoh: ada karya inovasi pendidikan, publikasi ilmiah,
pengembangan diri).
|
Ditunjukkan 4 bukti sebagai
berikut:
1.selalu disiplin dalam mengajar
dan mempunyai kinerja tinggi. SK
mengajar , RPP (wawancara)
2.selalu aktif dalam forum
pertemuan ilmiah. (Program K3S, Worksop, Seminar, dikat, buku catatan
peningkatan SDM)
3.selalu aktif dalam forum musyawarah/ kelompok kerja kepala
sekolah , KKG dan organisasi profesi
lainnya.
(PGRI, Kwaran, Korpri)
4.selalu memberikan keteladanan
dan aktif dalam pengembangan
keprofesian berkelanjutan. (Program PKB)
|
3
|
Memotivasi warga sekolah untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok
dan fungsinya masing-masing.
|
1. Mampu memotivasi diri dalam melaksanakan tugas pokok dan
fungsinya sebagai kepala sekolah(contoh:
antusias dalam melaksanakan tugas sebagai guru, kepala sekolah).
2. Mampu memotivasi siswa untuk
sukses. (contoh: menjadi contoh dalam berkata,bersikap dan bertindak
yang memotivasi misal memberi dorongan, memberi pujian, betutur kata
positif).
3. Mampu memotivasi guru dalam
melaksanakan pembelajaran. (contoh: menjadi contoh dalam berkata, bersikap
dan bertindak yang memotivasi misal memberi dorongan, memberi pujian, betutur kata positif).
4. Mampu memotivasi tenaga administrasi sekolah dalam bekerja. (contoh: menjadi contoh
dalam bersikap dan bertindak yang memotivasi misal memberi dorongan, memberi pujian, betutur kata positif).
|
Ditunjukkan 4 bukti sebagai
berikut
1.Antusias dalam melaksanakan tugas pokok dan
fungsinya sebagai kepala sekolah. (kehadiran kepala sekolah secara rutin,
Wawancara dengan guru)
2.Siswa antusias dalam belajar. (abseni siswa, absen umum buku prestasi siswa,
observasi)
3.Guru antusias dalam
mendidik.(Perangkat adinistrasi Pembelajaran)
4.Tenaga administrasi sekolah antusias dalam bekerja. (Tupoksi
terselesaikan)
|
4
|
Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi
kendala yang dihadapi sekolah/madrasah.
|
1. Mampu berperilaku konsisten dan pantang menyerah dalam menangani setiap
permasalahan yang dihadapi sekolah (contoh: menegakkan kedisiplinan dalam menangani guru dan karyawan yang
tingkat kehadirannya rendah).
2. Mampu mengatasi dan menemukan solusi terbaik dalam setiap permasalahan
yang dihadapi sekolah (contoh: menangani konflik antar guru, konflik antar
siswa).
3. Mampu mengembangkan budaya
konsisten dan pantang menyerah dalam
mengatasi setiap permasalahan yang dihadapi sekolah.
4. Mampu mengembangkan budaya silaturahmi, kekeluargaan dan selalu mencari
solusi terbaik dalam menghadapi setiap permasalahan di sekolah.
|
Dapat ditunjukkan 4 bukti sebagai
berikut:
1. Perilaku konsisten dan pantang menyerah dalam menangani setiap
permasalahan yang dihadapi sekolah.
2. Solusi terbaik dalam setiap permasalahan yang dihadapi sekolah.
3. Budaya konsisten dan pantang
menyerah dalam mengatasi setiap
permasalahan yang dihadapi sekolah.
4. Budaya silaturahmi, kekeluargaan dan solusi terbaik dalam menghadapi
setiap permasalahan di sekolah.
|
5
|
Menerapkan nilai dan prinsip-prinsip kewirausahaan dalam mengembangkan
sekolah/madrasah.
|
1.Mampu
mengembangkan sekolah dengan menerapkan prinsip-prinsip: Inovatif dan
kreatif.
1. Kemandirian dan rasa percaya diri yang kuat.
2. Kerja keras dan pantang menyerah.
3. Tanggap pada perubahan dan berorientasi masa depan berdasar pada visi,
misi, dan tujuan sekolah.
|
Ditunjukkan 4 bukti sebagai berikut:
1. Inovatif dan kreatif (data kemajuan dan ketercapaian program)
2. Kemandirian dan rasa percaya diri yang kuat.(Mampu menyelesaikan permasalahan)
3. Kerja keras dan pantang menyerah(Prestasi
wawancara)
4. Tanggap pada perubahan dan berorientasi masa depan berdasar pada visi,
misi, dan tujuan sekolah (observasi
pisik dan non pisik)
|
6.
Sub
Kompetensi Supervisi Pembelajaran.
38. Menyusun
program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru
Indikator
|
Bukti
Fisik
|
Mampu menyusun program tahunan supervisi akademik yang
meliputi:
a. fokus
pada perbaikan proses dan hasil belajar.
b. Jadwal pelaksanaan dan instrumen supervisi akademik
c. dikomunikasikan
pada bulan pertama di awal tahun.
d. pendelegasian dan pembagian tugas supervisor kepada
guru senior
|
Dokumen
program tahunan supervisi akademik yang
meliputi:
a. fokus
pada perbaikan proses dan hasil belajar.
b. Jadwal pelaksanaan dan instrumen supervisi akademik
c. rapat guru pada bulan pertama di awal
tahun.
d. pendelegasian dan pembagian tugas supervisor kepada
guru senior
|
39. Melaksanakan
supervisi akademik dalam rangka peningkatan kualitas guru.
Indikator
|
Bukti
Fisik
|
a. Mampu membagi tugas pelaksanaan supervisi akademik kepada guru senior yang memenuhi syarat
b. Mampu menerapkan prosedur, pendekatan dan teknik
supervisi yang tepat.( contoh ada pra observasi, observasi dan post
observasi) .
c. Mampu mengembangkan instrumen supervisi yang relevan dengan
tuntutan perubahan dan sesuai dengan perkembangan kurikulum dari pemerintah.
(contoh:ada muatan nilai-nilai karakter)
d. Mampu mengevaluasi pelaksanaan supervisi akademik.
|
a.
Pembagian tugas
pelaksanaan supervisi akademik kepada guru senior yang memenuhi syarat
- Ada prosedur, pendekatan dan teknik supervisi yang
tepat.( contoh ada pra observasi, observasi dan post observasi) .
- Iinstrumen supervisi yang relevan dengan tuntutan
perubahan dan sesuai dengan perkembangan kurikulum dari pemerintah.
(contoh:ada muatan nilai-nilai karakter)
d.
Ada evaluasi
pelaksanaan supervisi akademik.
|
40. Menilai
dan menindaklanjuti kegiatan supervisi akademik dalam rangka peningkatan
profesionalisme guru.
Indikator
|
Bukti
Fisik
|
a. Mampu memanfaatkan hasil penilaian supervisi akademik
dalam rangka evaluasi program sekolah di bidang akademik.
b. Mampu menindaklanjuti hasil penilaian supervisi
akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru
c. Mampu menindaklanjuti hasil penilaian supervisi
akademik dengan mengefektifkan dan mengaktifkan MGMP /KKG sekolah, mengirim
guru dalam pelatihan –pelatihan. T
d. Mampu menindaklanjuti hasil penilaian supervisi
akademik dengan menyelenggarakan workshop dan mengundang nara sumber yang
kompeten sesuai dengan hasil evaluasi supervisi akademik
|
a. Pemanfaatan hasil penilaian supervisi akademik dalam
rangka evaluasi program sekolah di bidang akademik.
b. Tindaklanjut hasil penilaian supervisi akademik dalam
rangka peningkatan profesionalisme guru
c. Tindaklanjut hasil penilaian supervisi akademik dengan
mengefektifkan dan mengaktifkan MGMP /KKG sekolah, mengirim guru dalam
pelatihan –pelatihan. T
d. Tindaklanjut hasil penilaian supervisi akademik dengan
menyelenggarakan workshop dan mengundang nara sumber yang kompeten sesuai
dengan hasil evaluasi supervisi akademik
|
Belum ada tanggapan untuk "Kumpulan Bukti Fisik PKKPS Kota Depok"
Post a Comment